Sudah sepatutnya kita menjadi Bunda yang sangat bahagia karena selain memiliki bayi yang lucu dan menggemaskan kita juga dapat memberikan Air Susu Ibu atau yang biasa kita kenal dengan nama ASI yang mana dapat meningkatkan keterlibatan secara jasmani dan rohani langsung dengan si bayi kita. Tahukah Bunda bila selain bermanfaat untuk bayi, ternyata Air Susu Ibu atau ASI ini juga kaya manfaat untuk Bunda lho! Hmm, apa saja ya manfaat Asi Bagi Bunda? Kita simak bersama ulasan manfaat ASI bagi Bunda yuk!

  1. Mengurangi berat badan

Menyusui bayi terbukti efektif untuk Bunda menurunkan berat badan pasca persalinan karena pada saat Bunda menyusui si bayi artinya Bunda membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Tahukah Bunda bahwa 200 sampai 500 kalori perhari ini sama halnya dengan Bunda berenang selama beberapa jam atau naik seperda selama satu jam! Wah, sepertinya Menyusui menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan, bukan?!

  1. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Bagi setiap wanita, Kanker Payudara sudah menjadi salah satu momok yang siap menghantui Bunda kapan saja dan dimana saja, tetapi dengan menyusui Bunda dapat mengurangi resiko terkena Kanker Payudara yang diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%.

  1. Sebagai Alat Kontrasepsi yang Alami

Ternyata hisapan si bayi pada payudara Bunda saat menyusui itu dapat merangsang hormon prolaktin yang mana menurut beberapa ahli hormon prolaktin ini dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga dapat menunda kesuburan, walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan.

  1. Praktis dan Ekonomis

Dibandingkan dengan susu formula yang mana Bunda pasti akan boros karena harus rutin membeli setiap beberapa periode tertentu, menyusui akan jauh menghemat biaya pengeluaran Bunda. Selain dari faktor anggaran dana yang dikeluarkan untuk membeli susu, Bunda juga tidak perlu lagi repot mencuci dan merebus botol pada masa pemberian asi eksklusif, sehingga Bunda dapat menambah waktu istirahat, terutama pada saat di malam hari.

Memang akan banyak sekali hal yang dikeluhkan Bunda ketika menyusui yang bisa jadi disebabkan oleh adanya rasa khawatir dan kegalauan yang meang biasa di alami para Bunda di awal masa pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif. Tetapi bila dibandingkan dengan banyaknya manfaat dari ASI untuk Bunda dan si bayi, tentunya Bunda akan melewatkannya dengan hati yang senang, bukan?! Ingat ya, Bunda. Beri si bayi ASI ekslusif pada 4 – 6 bulan pertama sejak kelahirannya.