Bunda pasti sangat kaget dan panik saat pada awalnya si bayi yang tertidur pulas dan tenang, tiba-tiba menangis dengan kencang dan suara yang nyaring. Jangan sampai Bunda jadi tambah frustasi karena tangisan si bayi yang tidak kunjung mereda. Kira-kira apa ya penyebab dari rewelnya si bayi? Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan si bayi menangis, beberapa diantaranya adalah karena gigitan nyamuk, suasana yang tidak nyaman, atau lapar dan juga haus. Sebaiknya Bunda tetap mengambil sikap tenang terlebih dahulu sebelum menenangkan si bayi agar Bunda tidak salah dalam menyikapinya. Lantas, bagaimana ya cara menenangkan si bayi yang sedang merengek kencang dengan suara yang nyaring? Disimak yuk, Bunda!

  1. Bedong

Buat si bayi merasa dalam keadaan yang aman dan nyaman dengan membedongnya karena bisa jadi saat si bayi menangis karena suasana yang tidak mendukungnya untuk beristirahat, seperti adanya pesta atau arisan yang menimbulkan suara yang berisik. Selain itu dengan Bunda membedongnya hingga membentuk kepompong, hal ini akan mencegah tubuhnya menjadi berkedut sehingga si bayi menjadi tenang kembali.

  1. Berbisik

Biasakan berbisik “sshhh” saat si bayi hendak terlelap karena membisikan suara seperti “sshh” ini mirip dengan suara berdesing yang biasa si bayi dengarkan saat ia masih berada di dalam rahim milik Bunda. Selain berbisik, Bunda juga dapat berbicara dengan lembut dan tenang karena para peneliti sudah membuktikan bahwa suara dari Bunda dapat membuat dirinya merasa nyaman dan efektif untuk membuat si bayi tenang kembali.

  1. Sentuhan

Tahukah Bunda bahwa sentuhan-sentuhan yang Bunda ciptakan adalah sebuah stimulasi reseptor yang membuat perasaan nyaman pada si bayi. Makadari itu, sangat dianjurkan oleh para peneliti untuk Bunda menggunakan cara ini agar si bayi tetap tenang bila dibandingkan bila Bunda harus menyentuhnya dengan sentuhan pendek dan gerakan yang cepat.

Cara lain yang dapat Bunda coba untuk menenangkan si bayi adalah dengan menggunakan teknik The Hold dari Dr. Hamilton:

  1. Lipat kedua tangan si bayi pada dadanya.
  2. Letakkan tangan secara lembut di depan dada dan lengan bayi.
  3. Pegang bagian pantat bayi.
  4. Goyangkan secara perlahan selama setidaknya 45 menit.

Kunci dari menenangkan si bayi ini sebenarnya hanya satu, yaitu jaga kondisi Bunda juga tetap tenang dan tidak panik karena jika Bunda panik dan gelisah maha akan membuat si bayi merasakan hal yang sama kemudian dia akan menangis lebih kencang lagi.