Dag…! Dig…! Dug…! Semakin hari, detak jantung semakin berdegub kencang saat hari yang berbahagia akan tiba. Dekorasi sudah dipersiapkan dengan pemilihan warna yang begitu gemilang di jauh hari, Katering dengan masakan khas daerah dan rasa yang paling juara sudah dipilih, Gaun pengantin sudah digantung. Aaah! Sungguh mendebarkan bila membayangkan hari pernikahan! Jadi, para calon pengantin sudah mulai mempersiapkan pernikahan? Nah, wolipop.detik.com memberikan bocoran soal persiapan para calon pengantin yang ingin menikah pada waktu kurang dari 6 bulan. Apa saja, ya?

  1. Bujet

Pastikan minggu pertama Anda diisi dengan membuat bujet. Perhitungannya haruslah jelas, berapa persen Anda dan kekasih berkontribusi dalam bujet. Dari sini, Anda bisa mulai mencari tempat, catering atau vendor dekorasi dengan menyesuaikan bujet yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan Anda mempersiapkan bujet lebih untuk mengantisipasi biaya-biaya tak terduga.

 

  1. Mengetahui Konsep Pesta

Diskusikan bersama pasangan seperti apa pernikahan impian Anda dan dia. Apakah menginginkan pernikahan di gedung yang mewah, atau pesta taman sederhana. Dengan mengetahui tema besarnya, selanjutnya akan memudahkan memilih dekorasi, gaun, souvenir, tema undangan dan lain-lain.

  1. Memilih Catering

Meski menyiapkan pernikahan dalam waktu kilat, sebaiknya tetap lakukan food tasting untuk menjamin kualitas dan kelayakan makanan. Lebih mudah jika Anda memilih vendor catering yang sudah memiliki paket di dalamnya, seperti sanggar untuk gaun pengantin, dekorasi hingga fotografer pernikahan. Dengan begitu, segala daftar persiapan bisa langsung dilakukan dalam satu waktu.

  1. Tempat Pernikahan

Setelah menentukan anggaran biaya, mulailah untuk mencari lokasi digelarnya pernikahan. Tiara Josodirjo selaku pemilik wedding organizer TJ & A mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi.

“Memilih lokasi pernikahan biasanya balik lagi ke calon pengantinnya. Misalnya mereka suka tempatnya, suasananya, servisnya memuaskan, atau reputasinya bagus. Atau bisa juga lihat tamu yang diundang paling banyak berasal dari daerah mana, cari tempat yang paling dekat dan strategis,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Tetapi, sulitnya menemukan gedung pernikahan menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi dalam menyiapkan pernikahan . Ibu dua anak ini menyarankan untuk lebih kreatif dengan mencari tempat yang sesuai dengan jumlah tamu undangan. Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih, misalnya restauran, taman, atau pinggir pantai.

  1. Cincin Pernikahan

Mencari cincin pernikahan bukan hal sulit sekarang ini. Ada banyak toko yang sudah memiliki cincin kawin untuk pasangan tanpa perlu dipesan lebih dulu. Untuk membuatnya personal, bisa juga meminta grafir nama Anda dan pasangan di dalam cincin.

6. Gaun Pengantin

Jika Anda memilih untuk membuat gaun pengantin dan tidak memakai gaun dari sanggar yang sudah ada, sebaiknya persiapkan waktu sekurangnya tiga bulan untuk membuatnya. Untuk menyiasati gaun mewah dengan harga terjangkau, jangan ragu untuk mencari di toko kain yang ada di pasar-pasar seperti Mayestik atau Pasar Baru. Anda bisa mendapatkan kain cantik yang sudah berhias payet sehingga tak perlu lagi menghabiskan bujet lebih banyak untuk menambahkan hiasan. Selanjutnya, pilih penjahit kepercayaan Anda yang terkenal rapi untuk menyelesaikan gaun tersebut. Saat ini, Anda pun bisa meniru banyak model gaun pengatin dari runway desainer dunia lewat aplikasi seperti Pinterest.

7. Dekorasi

Apabila sudah menentukan konsep awal, maka tak sulit untuk menentukan dekorasi. Tetap jalankan rencana seperti konsep yang telah Anda buat di awal. Jika sebelumnya memilih tema besar berwarna biru, maka dekorasi juga akan bertema biru dengan sentuhan warna lain hanya sebagai pelengkap.

  1. Undangan

Undangan juga menjadi hal krusial dalam pesta, apalagi untuk tamu dari orangtua Anda dan pasangan. Siapkan undangan sekurangnya dua bulan sebelum pesta berlangsung. Anda harus memperhitungkan segala revisi hingga proses cetak undangan yang bisa makan waktu sebulan lebih.

  1. Souvenir

Souvenir juga perlu ditandai dalam daftar. Untuk membuat hadiah yang memorable bagi para tamu dan juga personal, Anda perlu menyiapkan setidaknya dua bulan sebelum untuk proses customize. Namun jika waktunya begitu singkat, sebaiknya pilih souvenir yang memang sudah tersedia dalam jumlah banyak di pasar-pasar tradisional.

  1. Selesaikan Sebelum Minggu Pernikahan

Jika bisa selesaikan semua persiapan sesegera mungkin sehingga bisa bersantai pada minggu pernikahan. Dengan begitu, Anda bisa lebih rileks dan menikmati hari bahagia serta masa-masa single Anda. Manfaatkan minggu terakhir masa lajang Anda dengan memanjakan diri dengan spa atau perawatan rambut sehingga prima saat bersanding dengan suami nantinya.

 

Dengan membaca artikelnya saja mungkin para calon pengantin akan menjadi pusing dengan banyaknya persiapan pernikahan. Tenang, dibuat rileks saja dengan Essential Oil dari Bonnels Deep Sleep yang lengkap Aroma Diffuseri dengan promo! Hubungi kami segera di info@greenlife.id atau 0812 8080 2830. Kami tunggu!