Hello, Bunda! Siapa sih yang tidak mencintai bayi kita? Setiap Bunda pasti mencintai anak-anaknya, terlebih saat Bunda baru saja memiliki bayi kecil mungil nan lucu. Hehehe. Selain menyediakan ASI ekslusif untuk si bayi, sebaiknya Bunda juga harus memanjakannya dengan pijatan-pijatan lembut pada tubuh si bayi, agar si bayi merasa nyenyak pada tidurnya dan juga membuat dia merasa nyaman akan sentuhan-sentuhan yang dia dapat dari Bunda.

Selagi memijat, Bunda dapat melantunkan nyanyian-nyanyian merdu untuk si bayi dan juga mengajaknya dia berbicara karena hal ini akan membuat dia dapat lebih menikmati masa-masa berdua dengan Bunda. Lantas, apa saja sih yang perlu dipersiapkan oleh Bunda sebelum memulai untuk memijat si bayi? Sebelum Bunda memulai untuk memijat si bayi, sebaiknya Bunda mempersiapkan hal-hal berikut ini: Ruangan yang hangat, kain bedong atau perlak, baby oil atau minyak telon, pakaian bersih, dan popok.

Ketika Bunda sudah mempersiapkan semuanya, Bunda dapat memulai memijat si bayi!~

Bunda dapat memulainya melalui kaki si bayi, pijatlah secara perlahan dari pangkal paha hingga ke bawah. Area ini dianggap kurang sensitif, maka dari itu direkomendasikan untuk Bunda memulai pijatan pada daerah sini. Setelahnya, Bunda dapat langsung memijat bagian punggung kaki dengan cara memutar-mutarnya dengan menekannya secara perlahan-lahan. Lalu yang terakhir Bunda dapat memijat jemari kaki mungil si bayi dengan cara menariknya satu per satu secara perlahan bergantian hingga sampai pada kesepuluh jarinya.

Ketika sudah memijat pada bagian paha dan kaki, kini saatnya Bunda untuk memberikan stimulasi pijatan pada daerah lengan. Mulailah pijatan dari bagian atas kemudian turun ke arah pergelangan tangannya dengan memutar dan menekannya secara perlahan-lahan.

Ketika sudah memberikan stimulasi pijatan pada bagian kaki dan paha, selanjutnya Bunda dapat memijatnya pada bagian dada. Letakkan kedua tangan Bunda di atas dada si bayi kemudian pijat lembut ke arah luar dengan menekan lembut dadanya menggunakan telapak tangan. Bunda dapat mengulangi beberapa kali untuk merelaksasi si bayi. Selanjutnya akhiri dengan memijatnya hingga pada bagian pangkal paha.

Dan yang terakhir Bunda dapat memijat bagian punggung si bayi dengan cara memposisikan si kecil tengkurap terlebih dahulu, lalu Bunda dapat memijatnya secara perlahan dari tulang leher hingga pantat si bayi. Lakukan ini dengan ujung jari dan akhiri pijatan Bunda dengan pijatan memanjang dari bahu hingga kakinya.

Setelah memijat si bayi, kenakan popok dan baju serta memeluknya. Bunda juga bisa dapat langsung memberinya makan, namun biasanya si Bayi akan langsung terlelap sesaat Bunda telah usai memijatnya. Bunda dapat memberikan pijatan rutin pada si bayi saat sebelum tidur di malam hari karena hal ini akan berguna untuk membuatnya tidur lebih pulas dan Bunda tidak perlu repot untuk bangun tengah malam akibat rengekan si bayi. Selamat mencoba! 🙂