Sudah menjadi rahasia umum untuk mengetahui bahwa Air Susu Ibu atau yang kita kenal sebagai ASI sangat bermanfaat pada bayi, terutama bagi bayi yang wajib mengkonsumsi Air Susu Ibu atau ASI Eksklusif selama 6 bulan. Jadi, Bunda yang memiliki bayi di bawah 6 bulan sebaiknya jangan tergiur untuk membeli susu formula, karena banyak sekali manfaat yang didapat dari ASI Air Susu Ibu tetapi tidak kita dapatkan pada susu formula. Hmm, Bunda penasaran apa saja kandungan pada Air Susu Ibu atau ASI yang selama ini dikonsumsi si bayi?

  1. Mempercepat tumbuh kembang bayi

Lebih dari sekedar susu formula, Air Susu Ibu atau ASI dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada si bayi. Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian di Korea yang menurut hellosehat.com sudah meneliti sebanyak 697 bayi pada tahun 2006 yang mana memberikan hasil bahwa perkembangan kognitif atau yang biasa kita kenal dengan tumbuh kembang anak sangat pesat bila dibandingkan dengan tanpa ASI atau hanya sekedar susu formula saja.

  1. Memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi

Ais Susu Ibu mengandung kalori setidaknya 67-68 kkal/100ml yang menjadi sumber energi ideal bagi pertumbuhan bayi, selain itu lemak yang terkandung dalam ASI atau Air Susu Ibu sekitar 90% akan terserap dengan baik oleh bayi. Di dalam Air Susu Ibu, juga terdapat Taurin yaitu kandungan laktosa dan asam lemak ikatan panjang yang mana dapat membuat perkembangan sel otak semakin optimal.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Pada ASI terdapat sistem kekebalan tubuh  yang terkandung di dalam protein-protein seperti lactoferin dan IgA yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi kuman-kuman seperti bakteri, virus, maupun parasit.

Air Susu Ibu atau ASI ternyata tidak hanya bermanfaat bagi bayi saja, loh, Bunda. Air Susu Ibu atau ASI ini ternyata juga memberikan manfaat yang besar pada Bunda, salah satunya adalah untuk memulihkan rasa lelah dan sakit pada pasca persalinan. Nah, banyak sekali manfaat pada Air Susu Ibu atau yang biasa kita kenal sebagai ASI, bukan?! Untuk itu jangan lelah dan berputus asa ketika menyusui si bayi, ya, Bunda. SEMANGAT!