Apa kabar, Bunda? Semoga saat membaca artikel ini Bunda dalam keadaan yang selalu sehat dan aktif, ya! Tahukah Bunda apabila baru-baru ini pemerintah sedang menggalakkan program untuk makan ikan? Selain sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan gizi pada manusia dewasa, kandungan vitamin dan mineral ini juga ternyata bagus untuk si Bayi yang sudah berusia 6 bulan dimana si Bayi mulai diperkenalkan dengan MPASI alias Makanan Pengganti Asi, lho.

Bayi sangat membutuhkan Asam Deoksi Heksanoik (DNA) yang ternyata dapat dengan mudah ditemukan pada ikan salmon dan ikan tuna. sumber DHA pada ikan ini ternyata berfungsi sebagai perkembangan sel-sel otak. Selain untuk si bayi, DHA pada ikan tuna dan salmon ini juga sangat bermanfaat untuk Bunda yang saat ini sedang menyusui, jadi sangat direkomendasikan pada Bunda untuk mengkonsumsinya rutin sebanyak 2 (dua) sampai 3 (tiga) kali pada setiap minggunya, namun Bunda jangan sembarangan mengkonsumsi ikan karena ada beberapa ikan yang dilarang untuk dikonsumsi pada Bunda yang menyusui karena kandungan merkurinya yang sangat tinggi, antara lain: swordfish, tilefish, ikan mackerel, dan hiu. Apabila Bunda tidak dapat mengkonsumsi ikan dikarenakan alergi dan sebagainya, Bunda juga dapat mengganti asupan DHA melalui suplemen omega-3 dengan dosis yang disarankan oleh dokter.

Adapun resep untuk mengolah ikan salmon sebagai MPASI untuk si bayi adalah sebagai berikut:

Yang pertama harus Bunda harus terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahannya, yaitu:1 Centong nasi, Tahu putih, Wortel, Daun bawang, Seledri, Garam,  dan Ikan salmon

Setelah Bunda sudah mempersiapkan semua bahan-bahannya dengan lengkap, Bunda dapat memulai untuk membuat MPASI si bayi!

Caranya:

  1. Masak nasi hingga hampir menjadi bubur,masukkan parutan wortel,dan irisan tahu putih,tambahkan sedikit garam
  2. Rebus ikan salmon,setelah matang panggang.
  3. Suir2 ikan,taburkan ke atas bubur yang siap disajikan

Nah, itu tadi adalah resep MPASI sederhana untuk si Bayi. Tapi jangan salah, walaupun sederhana, tapi resep ini sudah terbukti disukai oleh para bayi, lho! Yuk, mulai sekarang rutin makan ikan!