Selain memijat, ternyata memandikan bayi juga memberikan banyak manfaat, baik itu untuk Bunda maupun untuk si bayi itu sendiri. Menurut dr. Bernie Endiarni Medise, SpA(K) MPH selaku Dokter Spesialis Anak mengatakan bahwa saat memandikan bayi dapat menjadikan sebuah momen untuk memperkaya pengalaman sensorial bayi dan orang tua. Selain itu, juga dapat membantu si bayi merangsang multisensori yang ternyata sangat dibutuhkan pada bayi yang baru saja lahir.

Bagi Bunda yang baru saja memiliki bayi, mungkin memandikan bayi adalah hal yang paling mendebarkan karena tubuhnya yang mungil dan gelembung-gelembung dari sabun yang membuat Bunda khawatir juga takut jika si bayi tergelincir. Pasti membayangkannya saja sudah seram, ya! Tapi Bunda jangan khawatir, buatlah waktu mandi menjadi menyenangkan dengan simak tips-tips cara memandikan bayi dengan cara yang menyenangkan.

1. Siapkan dulu peralatan untuk mandi si bayi, mulai dari handuk, perlak, minyak telon, sabun dan shampoo. Pastikan Bunda memilih sabun dan juga shampoo yang tidak pedih di mata ya agar si bayi tetap nyaman saat menikmati waktu berdua dengan Bunda. Apabila suka mendengarkan musik, Bunda juga dapat menyiapkan musik, baik melalui mp3 maupun radio dengan memilih lagu bernada lembut dengan volume yang pelan saja, seperti karya Beethoven agar Bunda tetap dapat fokus dan si Bayi dapat merasa rileks.

2. Siapkan air hangat kuku untuk memandikan si Bayi, ya Bunda! Jangan terlalu panas karena itu akan menyakiti sang bayi. Bunda dapat memasukkan air panas ke tempat mandi si Bayi secara perlahan-lahan dengan mencelupkan ujung jadi Bunda untuk memeriksa tingkat suhu air yang akan digunakan.

3. Gunakan telapak tangan Bunda untuk menopang bagian punggung, kepala, dan leher si Bayi saat hendak mencelupkan si Bayi ke dalam air. Terus topang dengan tangan yang satu lagi membilas dengan air seluruh permukaan kulit bayi hingga merata dengan menggunakan handuk lembut. Jangan lupa untuk membersihkan mata si Bayi dengan menggunakan cotton pad baru pada masing-masing mata.

4. Selanjutnya tuangkan Sabun secukupnya pada tangan lalu usapkan lembut dan merata ke seluruh permukaan kulit bayi, pastikan Bunda tidak melewatkan untuk membersikan lipatan-lipatan pada tubuh si bayi, seperti ketiak dan pangkal paha. Setelah itu bilas bersih badan si bayi kemudian ambil sedikit shampoo kemudian usapkan shampoo pada rambut si bayi. Biasanya, sabun dan shampoo sudah tergabung pada 1 ramuan, jadi Bunda tidak perlu pusing untuk memilih sabun dan shampoo untuk si bayi. Setelah itu bilas hingga bersih dan pastikan tidak ada sabun dan gelembung-gelembungnya yang tersisa di badan si bayi

5. Kemudian angkat dan keringkan badan si bayi karena kelembaban yang berlebih dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Setelah kering Bunda dapat mengoleskan minyak telon pada bagian dada dan perut agar si bayi dapat merasakan hangat dan nyaman setelah mandi.

Mandi adalah satu cara yang sempurna untuk memberikan jeda antara waktu sibuk dan waktu tidur sambil memberikan kesempatan untuk menjalin ikatan yang dekat secara jasmani dan rohani dengan si Bayi.